All for Joomla All for Webmasters
Admin

Admin

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PANGKEP — Peringatan Hari Pendidikan Nasioanal(Hardiknas) 2 Mei, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL) meluncurkan sejumlah program yang tertuang dalam dasa cita Pangkep Cerdas.

Plt kepala dinas pendidikan Pangkep, Siswanto Djalil mengatakan, dalam rangka Hardiknas, diluncurkan program-program terkait 100 hari kerja MYL – SS, pemberian baju seragam sekolah siswa SD dan SMP, gerakan satu sekolah satu mushallah, E-Disdik Hebat dan gerakan tuntas paket.

Lanjutnya, seragam sekolah diberikan kepada siswa SD dan SMP yang jumlahnya memcapai 10000. Sementara, gerakan satu sekolah satu musahallah diharapkan tercipta generasi religi. E-Disdik, suatu aplikasi untuk menunjang pelayanan bagi mahasiswa pemerima beasiswa dan guru penerima tunjangan profesi.

“Kita harapkan, Hardiknas tahun ini, semoga penndidikan Pamgkep semakin maju dan berkualitas. Khususnya peningkatan kompetensi,”katanya.

Bupati Pangkep, MYL berharap, dengan hadirnya program-program ini salah satu dasa cita Pangkep Hebat, yaitu Pangkep Cerdas dapat terwujud.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu juga berharap, dengan dasa cita Pangkep Cerdas, pendidikan di Pangkep semakin maju, berkualitas dan bermutu.

“Sehingga nantinya, kita melahirkan generasi yang cerdas, SDM berkuliatas dan memilki daya saing,”ujarnya.

Upacara peringatan Hardiknas tingkat kabupaten Pangkep digelar di ruang pola sekretariat daerah(Setda) Pangkep.

Memakai pakaian adat, Bupati MYL memimpin langsung upacara. Begitupun dengan peserta juga memakai pakaian adat.

Upacar berlangsung khidmat, dengn menerapkan protokoler kesehatan penanganan Covid-19. (Mcpangkajene)

 

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan Tipe A sebagai perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang Pangan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan berdasarkan Peraturan Bupati Pangkep Nomor 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep.

Dinas merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan di Bidang Pangan yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati.

Dinas Ketahanan Pangan mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintah di Bidang Pangan dan Tugas Perbantuan. Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
  2. Pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
  3. Koordinasi penyediaan infrastruktur dan pendukung di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
  4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
  5. Pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
  6. Pelaksanaan administrasi Dinas Ketahanan Pangan;
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep terdiri dari 4 (empat) Bidang dan Sekretariat, sebagai berikut:

  1. Bidang Ketersediaan Pangan, yang terdiri dari 3 (tiga) Seksi yaitu:
  2. Seksi Ketersediaan Pangan;
  3. Seksi Sumber Daya Pangan;
  4. Seksi Kerawanan Pangan;
  5. Bidang Distribusi Pangan, yang terdiri dari 3 (tiga) Seksi, yaitu:
  6. Seksi Distribusi Pangan;
  7. Seksi Harga Pangan;
  8. Seksi Cadangan Pangan;
  9. Bidang Konsumsi Pangan, yang terdiri dari 3 (tiga) Seksi, yaitu:
  10. Seksi Konsumsi Pangan;
  11. Seksi Promosi Penganekaragaman Konsumsi Pangan;
  12. Seksi Pengembangan Pangan Lokal;
  13. Bidang Keamanan Pangan, yang terdiri dari 3 (tiga) Seksi, yaitu:
  14. Seksi Kelembagaan Keamanan Pangan;
  15. Seksi Pengawasan Keamanan Pangan;
  16. Seksi Kerjasama dan Informasi Keamanan Pangan;
  17. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, terdiri dari 3 (tiga) Kasubag:
  18. Kasubag Umum dan Kepegawaian;
  19. Kasubag Perencanaan dan Evaluasi;
  20. Kasubag Keuangan dan Aset;

Jumlah pegawai organik/PNS sebanyak 30 orang dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 25 orang.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep beralamat di jalan poros Makassar-Pare pare, tepatnya di Jalan Andi Mappe Nomor 20, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro. Telp (0410) 324135 dan Faximili (0410) 22055.

PANGKEP - Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Pangkep Abd Rasyid, SE seusai melakukan Rapat Paripurna Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pangkep terpilih H Muhammad Yusran Lalogau S.Pi, Msi, H Syahban Sammana, SH  (MYL-SS) di gedung DPRD Pangkep Jum’at (19/2/2021).

Abd Rasyid, dari Komisi 1 DPRD Pangkep yang ditemui dihalaman kantor DPRD Pangkep Jum’at (19/2/2021)  mengatakan hahwa kami baru saja melakukan rapat Paripurna di DPRD Pangkep bersama KPU, Bawaslu di gedung DPRD Pangkep, dengan acara penetapan Bupati dan Wakil Bupati Pangkep terpilih pada Pilkada 2020. Yakni pasangan MYL-SS.

Abd Rasyid yang dikenal kritis dan peduli terhadap warga kurang mampu ini mengatakan bahwa tugas Bupati Pangkep ke depan, yakni MYL-SS harus lebih cepat menangani pemulihan ekonomi yang kini dirasakan oleh masyarakat  kita di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Menurutnya bahwa kita harus mendorong percepatan pembangunan ekonomi  di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Pangkep.

“Setidaknya setelah dilantik  MYL-SS jadi Bupati Pangkep oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah,  yang rencananya dilakukan tanggal, 25 Pebruari di kantor Gubernur Susel, tentunya segera  melakukan koordinasi dan sinkronisasi atas program kegiatan percepatan pembangunan ekonomi” ujarnya.

.Kemudian, Abd Rasyid berpendapat bahwa percepatan pembangunan itu tentunya dilakukan koordinasi atas penetapan tujuan, sasaran, kebijakan, dan strategi dalam percepatan pembangunan ekonomi sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat Pangkep.

Selain itu Abd Rasyid juga mendorong  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) peran sertanya dalam percepatan pembangunan ekonomi di Pangkep ini, kita keroyok berbagai aktivitas ekonomi masyarakat dalam percepatan pemulihan ekonomi dimasa pandemi ini.

Abd Rasyid menyebut bahwa sektor ekonomi kreatif diproyeksi telah memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional  cukup besar hingga mencapai Rp 1.211 triliun sepanjang 2019 atau naik 9,6% dibanding capaian tahun sebelumnya.

Adapun beberapa subsektor yang menjadi penyumbang terbesar pada kinerja ekonomi kreatif tersebut, termasuk diantaranya industri kuliner, fashion, namun demikian kita tetap berangkat dari kondisi ekonomi kreatif lokal, sesuai pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Kabupaten Pangkep.

Untuk itu dalam mempercepat pembangunan di Bumi tiga Dimensi ini semuanya kita dituntut bekerja keras, kreatif, inovatif dan didukung ketersediaan anggaran sehingga semua dapat dlakukan dalam percepatan pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19. (Mcpangkajene)

 

Pangkep – Sidang paripurna berlangsung di ruang sidang A Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangkep, Selasa (9/2/2021).

Sidang paripurna dengan agenda persetujuan bersama tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) menjadi peraturan daerah (Perda).

Adapun tiga jenis Raperda yang dimaksud, Ranperda tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah. Ranperda tentang lembaga penyiaran publik lokal radio suara Pangkep, dan Ranperda tentang perusahaan daerah BPR Citra Mas.

Secara bergantian, juru bicara panitia khusus (Pansus) masing-masing Ranperda membacakan keputusan akhir. Juru bicara pansus satu Ranperda tentang lembaga penyiaran publik lokal radio suara Pangkep oleh Hj Nurlinda, juru bicara pansus dua, Ranperda tentang perusahaan daerah BPR Citra Mas oleh Irwan Nursaid. Serta, juru bicara pansus tiga, Ranperda tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah oleh H Hasri.

Ketiga juru bicara menyampaikan, setelah melalui rapat-rapat dan juga konsultasi ke biro hukum provinsi. DPRD sepakat, tiga ranperda ini disahkan menjadi Perda.

Usai penyampaian oleh tiga jubir pansus, ketua DPRD Pangkep H Haris Gani bersama bupati Pangkep Syamsuddin Hamid melakukan penandatanganan persetujuan bersama.

Dalam sambutannya, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan, tiga perda ini adalah kebutuhan pemkab Pangkep demi meningkatkan pelayanan.

“Setelah persetujuan bersama ini, ada harapan besar kepada DPRD agar terus memberikan pengawasan kepada kami pihak eksekutif,” katanya.

Ia juga menyebut, Paripurna ini yang terakhir dirinya sebagai bupati menandatangani persetujuan bersama untuk kepentingan masyarakat Pangkep. (Mcpangkajene)

 

Page 1 of 20

Kontak kami

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

  • Alamat : Jalan Andi Mappe Nomor 20, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro
  • Telp   : (0410) 324135
  • Fax    : (0410) 22055
  • Email : ketahananpangan@pangkepkab.go.id
  •            

Tentang kami